Rabu, 26 Maret 2014

Gegara Keinginan Tingkat Dewa :D

Ceritanya nih beberapa hari lalu saya teringat dengan makanan sejenis krupuk khas gresik, jawa timur. Saya kenal makanan itu pertama kali saat silaturahmi lebaran ke rumah saudara, kedua kalinya ada teman kantor yang membawa si getas itu. Berbahan tepung beras, santan, bawang putih dan garam ini (informasi dari teman saya yang membawakannya) rasanya agak atos (keras) dan asin gurih gitu. Katanya sih makanan ini hanya dibuat pada saat lebaran dan kalau ada acara pernikahan. Dan, berhubung tidak ada yang menjualnya di daerah surabaya sedangkan keinginan untuk ngemil makanan satu ini sudah tidak terbendung (cie..bahasanya :p) mau gak mau harus membuatnya sendiri. Berbekal instruksi yang diberikan teman saya itu akhirnya saya mencoba membuatnya. Saya campur semua bahan, lalu saya kukus terus dipotong-potong (maksud hati memotongnya agak tipis biar tidak terlalu atos) kemudian digoreng. Tara.... inilah penampakan si getas buatan saya :D.

Dari rasa dan bentuknya sih tidak semantap si getas aslinya tapi lumayanlah buat obat pengen.Tepung beras 1/4kg bisa jadi setoples penuh. Kata suami rasanya kurang asin. Sengaja memang tidak terlalu banyak saya ngasih garamnya soalnya sering keasinan tiap kali membuat masakan jadinya agak trauma gitu.. *alesan*
Bisa ditebak siapa yang menghabiskan setoples getasnya, dia adalah saya hihihi

Aslinya sih ya penampakan dari si getas dari gresik itu seperti ini. Jauh ya dari yang saya buat :D, tak apalah namanya juga masih belajar *pembelaanlagi*
Gambar di sebelah kanan ini saya pinjem dari om google. Dari sekian pencarian cuman nemu satu gambar ini. Dari gambarnya kayaknya teksturnya enggak keras dan rasanya empuk ya.


Ternyata saya belum terpuaskan setelah membuat getas.
Tangan saya masih gatel rasanya, masih pengen mainan di dapur. Akhirnya dibuatlah camilan selanjutnya. Tapi bukan getas lagi pastinya :). Cerita selanjutnya  di judul berbeda yach..

1 komentar:

  1. Mbak bagi resepnya donk. Saya juga suka banget sama camilan ini. Kalo kata tetangga saya namanya " Kemplang "

    BalasHapus