Minggu, 06 Maret 2011

Andai Aku Bisa Jawab

Dering SMS dari HP saya kemaren, membangunkan saya dari tidur siang yang hanya bisa saya nikmati seminggu sekali, karena memang libur kerjanya hanya sekali dalam seminggu hehehehe. Dengan mata yang masih mengantuk, dengan kesadaran yang belum sepenuhnya terkumpul saya buka inbox dan ternyata sms dari adik bungsu saya, dan isinya membuat saya seketika itu kesadaran saya terkumpul 100% dan mata saya sempat terbelalak tidak biasanya adik saya mengirim sms saya seperti itu. Dia adalah adik perempuan saya satu-satunya, baru duduk di bangku perkuliahan semester 2, tapi kalau menasehati ga' kalah sama ibu saya :)

"Kapan nikah sii mbak?? aku keburu pengen pake kebaya di pestamu hehehe :(" Hiyah... pertanyaan ini yang paling susah saya jawabnya tidak jarang saya hanya menjawab dengan senyuman karena memang belum ada jawaban yang bisa saya beri, terselip sedih saat menjawabnya sedikit sih :). Tapi sms adik saya ini bisa membuat saya tersenyum, nunggu saya nikah hanya ingin memakai kebaya di pesta pernikahan saya, seandainya kamu tahu nduk, kalau saya tidak ingin ada pesta pernikahan nanti, hanya ijab pada hari jumat di masjid di dekat rumah, itu impian saya. Sms kedua darinya membuat saya terharu "percaya ga' percaya aku tuh doain kamu mba tiap sholat, aku juga pengen sampean itu buruan ada yang memenin hidup, pendamping sing buat sampean seumur hidup" Ya Allah Ya Rabb... tiba-tiba saja ada genangan air di pelupuk mata saya. Seperti sebelum-sebelumnya, saya tidak ada jawaban yang memuaskan atas pertanyaan & pernyataan adik saya tersebut. Seandainya kalimat itu langsung dilontarkan

Menikah...
Saya tahu sudah saatnya saya menikah, saya juga tahu pernikahan saya sudah dinantikan oleh keluarga besar saya karena saya adalah anak pertama & belum ada sejarah menikahkan atau punya hajat di keluarga besar saya. Saya tahu mereka menginginkan saya segera menikah & berumah tangga, begitu juga dengan saya, saya juga memiliki keinginan yang sama. Jangan mengira kalau selama ini saya selalu terlihat ceria, tersenyum seakan tidak ada beban atau terkesan cuek dengan yang namanya pernikahan sesungguhnya saya juga memikirkannya, dalam hati saya juga ada dalau yang berkabut kesedihan. Jangan pernah beranggapan bahwa saya lupa akan kewajiban saya yang satu itu karena terlalu sibuk bekerja, tidak sama sekali saya tidak lupa untuk menikah, sebaliknya saya ingin menyegerakannya.

Tapi, kalau memang belum ada pangeran gagah berjubah iman dan berpedang akhlak yang datang untuk meminang saya, saya harus bagaimana? kalau yang selama ini datang pada akhirnya bukan untuk saya saya harus mengatakan apa?. Saya tahu pangeran impian saya tidak akan jatuh dari langit begitu saja walaupun tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah untuk menjadikan itu kenyataan, melainkan saya harus berusaha mendapatkannya. Berusaha untuk selalu membenahi diri agar Allah percaya kepada saya untuk menitipkan hamba terbiakNya kepada saya agar bisa menyempurnakan sebagian diennya. Laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik pula dan sebaliknya bukan?

Saya bosan ditanya kapan saya menikah, saya lelah menjawab pertanyaan yang itu-itu terus hehehe... "kapan nikah nduk, mbah pengen liat kamu nikah sebelum kembali kepadaNya" begitulah pertanyaan yang diajukan nenek buyut saya setiap saya pulang ke rumah. "nduk, kapan ayah mantu? ayah kan juga pengen menikahkan putrinya" ini adalah pertanyaan ayah setiap kali saya pulang dari nikahannya teman-teman saya. "nduk, kapan nikah? nunggu apa lagi sih...jangan terlalu sibuk kerja" kalau ini sering dilontarkan oleh saudara-saudara ayah & ibu saya kalau ketemu saya, belum lagi pertanyaan dari teman-teman lama atau yang jarang ketemu setiap bersilatuhrahmi. hufh...;( dan dipastikan jawaban andalan saya "ya doakan semoga bisa segera ya.." dengan seutas senyum sebagai memanis. Andai saya bisa jawab dengan jawaban yang lebih baik dari itu & lebih menyenangkan dari itu, pasti akan saya lakukan tapi sungguh sampai saat ini hanya jawaban itu yang saya punya. Jawaban yang mengandung doa yang saya harapkan yang bertanya mendoakan & mengamininya. 

Hanya ibu saya yang tidak pernah bertanya kapan saya menikah, beliau hanya mengatakan "nduk, mama selalu berdoa semoga kamu mendapatkan jodoh yang bisa jadi iman, yang bisa membimbing kamu & bermanfaat bagi dunia & akhiratmu, semoga didekatkan ya nduk Amin". Doa beliau inilah yang menguatkan saya. Makasih mama sayang :) Ya Allah Ya Rabb.. ridhoilah doa ibu saya Amin Allahumma Amin. 

Saya yakin semua akan indah pada waktunya, Allah adalah manager paling hebat yang me-arrange waktu dengan baik. Tidak akan terlalu lama tidak juga terlalu cepat tapi dijadikan di suatu waktu yang paling tepat bagi saya. Yup, Allah tahu dengan benar kapan waktu yang paling pas buat saya menikah, Allah tahu kapan saya siap menikah di mataNya, kapan saya siap menjadi seorang istri & menjadi seorang ibu. Saya hanya perlu berusaha sebaik mungkin dan tidak pernah melepas doa selebihnya biarlah menjadi urusan Allah, keputusan akhirnya adalah hak prerogatif Allah :) begitukan ya...

11 komentar:

  1. Ah Aliaa.. penderitaan kita sama! hhehehehe!
    Gpp, biasaaa adat kita memang gitu, ga bisa liat anak perempuan gede dikit, bawaannya mau nyuruh nikah..

    jgn terbebani dengan pertanyaan2 itu..
    betul seperti yang kamu bilang, harus percaya sama rencana Allah SWT..
    Karena itu pasti yang terbaik :)

    BalasHapus
  2. hehehe...
    ternyata bukan saya aja ya yang ditanya sana sini
    seneng ada temen sependeritaan hihihihi (^_^)
    Iyah bhi Allah punya rencana sendiri buat kita :)

    BalasHapus
  3. Kapan nikah.... pertanyaan itu juga yang sering dilontarkan kepada saya mbak.... pertanyaannya simpel,tapi bukin pusing,malah ngalahin waktu sidang skipsi.. ^_^

    berjubah iman dan berpedang akhlak yang datang untuk meminang... setuju neh dengan kata mbak Alia.... karena dy yang akan menjadi nahkoda kita selama kita berlayar menuju syurga illahi..... semoga kita diberi yang terbaik... ^__^ amien..

    BalasHapus
  4. hehehe...
    ternyata sama juga ya mba sama saya
    Iyah seorang laki2 yang bisa menjadi imam dalam kehidupan dunia & akhiratlah yang bisa diandalkan :)

    BalasHapus
  5. wah sama donk kayak saya, sering juga ditanyain gitu, ya jawab aja dengan senyuman dan bilang "secepatnya, doakan saja" hehe.. biar jadi doa dan cepet :-D

    mamah saya juga gak pernah nanyain tapi bilangnya sama persis tuh kayak mamahnya Alia hehe..

    salam :-)

    BalasHapus
  6. gak usah diambil pusing... semua itu ada jalannya, yang penting siap mental dulu... jangan sampe menikah hanya karena gak nyaman ditanya2in terus sama orang lain... kalo dipaksakan nikah ternyata gagal... emangnya orang2 yang bertanya2 terus ke kamu bisa tanggung jawab? hehehe... :D

    BalasHapus
  7. heheheh.......... masi terasa aura musim kawin nih.......

    BalasHapus
  8. @ mba 3sna : bener mba, emang mereka yang akan bertanggung jawab atas pernikahan saya nanti? :)

    @ mas pro crimbun : hihihihi iyah mas musim nikah :)

    BalasHapus
  9. insyaallah bakalan nemuin yg terbaik, mbak :)
    *saya jg sering ditanya kayak gitu gara2 anak paling terakhir. hahaha :D

    BalasHapus
  10. Amin..
    aku yakin Allah sudah menyiapkan satu yang terbaik :)

    BalasHapus